Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan

Makanan yang kita makan akan sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan kita. Seringkali kita makan, saat tubuh kita sama sekali tidak membutuhkannya, yaitu pada saat pencernaan kita telah mempunyai cukup asam lambung untuk pencernaan makanan. Jadinya makanan tidak tercerna dengan baik.

Gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang adalah pencernaan, diantaranya adalah diare dan sembelit.

Dibutuhkan usaha lebih lanjut dari mulai pola hidup sehat, asupan makanan yang sehat dan seimbang hingga implementasi yang tepat agar pencernaaan tetap terjaga dengan sehat.


Pengaruh Pola Makan.
Menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Biaya pengobatan biasanya akan lebih besar jika dibandungkan dengan kegiatan menjaga kesehatan. Hanya saja saat ini banyak orang yang tidak peduli akan kesehatannya.
Salah satu yang perlu dijaga adalah kesehatan perut, karena pola makan orang Indonesia memang cenderung dengan tujuan untuk kenyang, bukan untuk kesehatan. Salah satu indikasi yang cukup efektif untuk menggambarkan orang itu sehat atau tidak adalah kondisi pencernaannya.

Kontaminasi Kuman.
Sistem pencernaaan dalam tubuh juga bisa mengalami gangguan. Infeksi, kuman, bakteri, parasit dari makanan atau minuman yang terkontaminasi bisa mengakibatkan pencernaan terganggu. Bisa juga dari masuknya benda asing melalui makanan atau minuman. Kontaminasi zat kimia atau obat-obatan asam juga bisa memicu gangguan di lambung. Pencernaan yang kurang baik dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun karena zat gizin yang masuk berkurang.

Gangguan yang Sering Mempengaruhi Sistem Pencernaan.
  • Apendistis. Radang usus buntu.
  • Diare: feses sangat cair akibat gerak peristaltik terlalu cepat.
  • Konstipasi atau sembelit: kesulitan dalam proses buang air besar.
  • Maldigesti: terlalu banyak makan atau mengkonsumsi zat yang merangsang labung.
  • Parotids: Infeksi pada kelenjar parotis (sering disebut gondong).
  • Tukak lambung atau maag: Radang pada dinding lambung yang pada umumnya diakibatkan Helicobacter Pylori.
  • Xestomia: Produksi air liur sangat sedikit.
Penyebab Gangguan Pencernaan.
Secara umum, gangguan pada pencernaan dapat disebabkan oleh pola makan yang salah, infeksi bakteri dan kelainan alat pencernaan. Dan diantara beragam gangguan pencernaan tersebut, diare dan sembelit adalah yang paling sering terjadi. Untuk mengatasi sembelit, Anda perlu asupan obat pencahar. Pencahar atau laksatif nerupakan produk yang berguna untuk melancarkan susah buang air besar atau sembelit.

Meskipun demikian, Anda tidak boleh bergantung pada pencahar dalam setiap BAB. Menerapkan pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Konsumsi cukup serat dan cairan, serta berolahraga secara teratur juga dapat mengurangi resiko terjadinya sembelit.

Tinggalkan Komentar: