Definisi Kesehatan Reproduksi

Hi Sob!
Sebelum membahas perihal tentang Kesehatan Reproduksi Remaja, sepertinya terlebih dahulu kita perlu tahu tentang apa yang disebut dengan sehat dan apa pengertian dari kesehatan reproduksi itu. Oke deh, langsung aja kita bahas....

Apa itu sehat?
Pernah nggak timbul pertanyaan di benak kamu apa sebenarnya definisi sehat itu? Sehat itu ya nggak sakit, ribet amat sih... hahaha... yah, itu mah kucing domblong juga tau!








Sehat menurut WHO adalah suatu keadaan sempurna baik secara fisik, mental maupun sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan (WHO 1947). Nah, luas kan? nggak sebatas sakit atau nggak sakitnya aja Sob... bahkan dalam deklarasai Alma Ata yang dikeluarkan oleh WHO dan UNICEF (1978) menambah syarat baru yaitu : sehingga setiap orang akan mampu hidup produktif, baik secara fisik maupun sosial. Ini berarti tentang kualitas hidup.

Apa itu reproduksi?
Simplenya reproduksi itu berasal dari kata re = kembali dan produksi = membuat atau menghasilkan, jadi reproduksi mempunyai arti suatu proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidup.

So, Apa itu Kesehatan Reproduksi?

Kesehatan Reproduksi adalah Keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh dalam segala hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi berikut fungsi-fungsi dan proses-proses reproduksi (Konferensi International Kependudukan dan Pembangunan, 1994). 


Yup, sampai disini dulu ya pembahasannya! Tunggu postingan selanjutnya tentang sejarah kesehatan reproduksi.... Hum, ngapain sih pake bahas sejarahnya segala??? jawabannya ada dipostingan selanjutnya! hehehe. Dijamin menarik dan penting! Nggak seperti pelajaran sejarah kok!

See you in the next posting!^^



Sumber: Paper Dosen Ni'mal Baroya, MPH dan www.kesrepro.info yang sudah dimodifikasi.

Tinggalkan Komentar: